Monday, February 11, 2008

Belajar dari Pak Harto

 

Oleh : Zaim Uchrowi


Pernah saya kecewa pada diri sendiri soal Pak Harto. Waktu itu tahun 1991, saat di Tanah Suci. Waktu yang sama dengan ketika Pak Harto naik haji. Sejak tiba di Makkah, sebuah gagasan terus-menerus terpikirkan. "Saya harus bertemu Pak Harto," kata batin ini. Kata-kata untuk Pak Harto pun tersusun jelas. Tinggal mengemukakannya bila kesempatan itu tiba.

"Alhamdulillah, Bapak sekarang berkesempatan menunaikan ibadah haji. Agar haji Bapak lebih sempurna, saya mohon Bapak menghentikan pembangunan makam Astana Giribangun. Akan lebih utama bila kelak Bapak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Nisannya sederhana, sama dengan nisan lainnya. Rumput tumbuh di kiri-kanannya. Makam Bapak juga akan disinari matahari sepanjang hari."

Beberapa kali saya mengulang kalimat itu. Buat meyakinkan diri bahwa pesan itulah yang akan tersampaikan. Kadang memang muncul keraguan. Mungkinkah mengatakan itu pada Pak Harto. Orang-orang penting pun hanya mampu terdiam dan mengangguk-angguk di hadapan negarawan besar ini. Apalagi saya. Tapi, bukankah keraguan tak boleh dibiarkan berlama-lama. Ini di tanah Suci. Saat beribadah haji pula. Semua orang menjadi sederajad. Maka, saya yakin mampu mengatakan itu langsung pada Pak Harto. Saya percaya Allah akan menolong. Bersungguh-sungguh saya pun berdoa: "Pertemukan hamba dengan Pak Harto ya Allah."

Doa itu ternyata makbul. Pak Harto masuk ke tenda tempat saya wukuf di Arafah. Setelah bertegur sapa dengan beberapa orang, Pak Harto bahkan melangkah ke arah saya. Saya berdiri mencegat di hadapan Pak Harto. Cuma semeter lagi jaraknya. Saya tatap wajah Pak Harto sebelum mengatakan kata-kata itu. Namun, ya Allah, wajah Pak Harto begitu berwibawa. Senyum lembutnya itu benar-benar mengunci rapat bibir saya.

Tak sedikit pun kata yang terucapkan. Cuma bersalaman, meminggirkan badan, dan membiarkan Pak Harto lewat begitu saja yang dapat saya lakukan. Baru belakangan saya menyadari keliru. Doa saya hanya doa minta dipertemukan pada Pak Harto. Bukan agar mampu menyampaikan pesan itu.

Toh saya belajar pula dari pertemuan itu. Setidaknya belajar untuk tahu betapa penting berwibawa. Beberapa tahun kemudian, yang saya pelajari lebih dari itu. Victor Limlingan mengatakan 'belajarlah dari Soeharto'. Ia dosen saya di Asian Institute of Management, Filipina. Ia mengajarkan strategi pembangunan. Menurutnya, strategi pembangunan Soeharto sangat bagus.

Dagu para mahasiswanya terdongak. "Apa bagusnya Soeharto?" Mereka memandang Soeharto sebagai wajah rezim otoriter. Serupa dengan Marcos dulu di Filipina. Tapi, Limlingan punya alasan jelas. Strategi baik harus sangat sederhana. Karena sangat sederhana, orang idiot pun mampu menjalankannya. Tak perlu menunggu kehadiran orang hebat. Strategi pembangunan Indonesia disebutnya seperti itu. "Maaf, ya Zaim. Kualitas pegawai negeri Indonesia pas-pasan. Tapi, pembangunannya ternyata berjalan baik. Itu berarti strategi pembangunan Soeharto bagus."

Saya setuju itu. Barangkali dalam pembangunan Pak Harto cuma kalah efektif dari Park Chung-hee dan Lee Teng-hui. Sebuah kekalahan yang dapat dimaklumi. Korea Selatan dan Taiwan jauh lebih sederhana dan kecil dibanding negeri ini. Saya mulai menyimak strategi pembangunan Pak Harto. Soal pendidikan, kesehatan, pertanian, hingga kependudukan. Dengan cara sederhana, ia mampu menyejahterakan rakyat. Saya mempelajari itu. Termasuk dari Pak Haryono Suyono dan Pak Harmoko. Dua pembantu Pak Harto yang efektif justru karena pendekatan sederhananya.

"Saya ingin menulis buku tentang Pak Harto," kata saya, tiga tahun silam. Itu saya nyatakan pada Pak Maftuh Basyuni. Sosok yang cukup lama menjadi pembantu langsung Pak Harto. Bukan buku tentang pribadi. Namun, buku tentang manajemen pembangunan Pak Harto. Bukan buku untuk mencaci atau memuji. Tapi, buku yang membuat diri saya sendiri, juga bagi semua yang peduli pada masa depan bangsa ini, bisa belajar bersama:

Bagaimana sebaiknya memajukan bangsa ini? Apa langkah besar Pak Harto yang perlu diteruskan lagi? Apa yang masih harus direvisi? Ternyata Pak Harto berpulang sebelum buku itu tertuliskan. Semoga ilmu pembangunannya masih dapat tergali meski jasadnya telah terkubur di Astana Giribangun (bukan di Taman Makam Pahlawan yang dulu saya harapkan). Jika ilmu itu tergali, bangsa ini akan berhenti mencaci dan memuji. Namun, bangsa ini akan belajar bagaimana dapat menjadi lebih baik esok hari.

No comments: