Sunday, October 14, 2007

Bulan Alquran

Oleh : Rahmaji Asmuri

Ramadhan merupakan satu-satunya bulan yang disebut dalam Alquran. Pada bulan Ramadhan juga, Allah menurun Alquran, sebagaimana firman-Nya ''Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia,'' (QS Al Baqarah [2]:185).

Bulan Ramadhan dan Alquran adalah rangkaian ibadah yang tidak bisa dipisahkan sebagaimana halnya Ramadhan dan puasa. Alquran diturunkan oleh Allah SWT pada bulan Ramadhan dan surah pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad adalah Surah Al Alaq. Ayat pertamanya memerintahkan kita membaca dengan menyebut nama Allah yang menciptakan manusia, bahkan pada ayat yang ketiga Allah memberikan penegasan lagi agar kita tetap membaca dengan segala kemuliaan yang melekat pada-Nya.

Di antara keutamaan membaca Alquran adalah pertama, orang yang membaca satu ayat Alquran pada bulan Ramadhan, akan mendapatkan ganjaran seperti orang yang mengkhatamkan Alquran pada bulan lain (HR Ibnu Huzaimah).

Kedua, ''Orang yang membaca Alquran, maka (kelak di akhirat) dia akan bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan yang membaca Alquran dengan terbata-bata dan bacaan itu terasa sulit baginya, dia mendapat dua pahala.'' (HR Bukhari Muslim).

Ketiga, ''Barangsiapa membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan, sedangkan satu kebaikan itu digandakan menjadi sepuluh kali lipat, aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.'' (HR Tirmidzi).

Keempat, ''Bacalah Alquran karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi para pembacanya.'' (HR Muslim). Di lain pihak Allah SWT juga menegaskan dalam firman-Nya, ''Orang-orang yang telah kami beri kitab, mereka membacanya sebagaimana mestinya, mereka itulah yang beriman kepadanya. Dan barangsiapa ingkar kepadanya mereka itulah orang-orang yang rugi.'' (QS Al Baqarah [2]:121).

Terkait dengan keterangan tersebut di atas, Imam Bukhari meriwayatkan dari Ustman bin Affan, Rasulullah SAW bersabda, ''Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.''

No comments: